Penulis : Iqbal Iqbal
Hari ini ada banyak strategi marketing, baik tradisional maupun digital, yang tersedia bagi siapa saja termasuk media massa. Berbagai strategi bertujuan untuk dikenal di pasar dan berkomunikasi dengan siapapun hingga perkara eksistensi itu sendiri. Mulai dari jejaring sosial, buletin, blog, podcast, webinar, situs web, acara, dll.
Dalam media massa konteks surat kabar juga melakukan adaptasi marketing bersamaan dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah surat kabar Prancis ternama yang beraliran Kiri-Tengah yaitu Le Monde guna melangsungkan keberlangsungan hidup media tersebut. Surat kabar yang didirikan pada tahun 1944 atas permintaan Jenderal Charles de Gaulle, setelah tentara Jerman diusir dari Paris selama Perang Dunia II itu juga melakukan strategi marketing di era modern ini dan strategi itu bernama multikanal.
Apa itu strategi marketing multikanal? Istilah multikanal atau multichannel mengacu pada pendekatan beberapa saluran pemasaran dan komunikasi yang memanfaatkan berbagai saluran pengiriman, baik fisik maupun virtual, untuk menjangkau konsumen dengan lebih efektif. Mulai dari edisi cetak, situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan lain sebagainya.
Menurut jurnalis perempuan Nathalie Van Laethem, selama sebelas tahun, dengan situs webnya, Le Monde telah mendistribusikan konten jurnalistik di tiga media terpisah: Lemonde.fr, majalah Monde, dan surat kabar harian, yang menawarkan keahlian dan interaktivitas kepada para pembaca. Dan surat kabar yang cetak setiap sore hari ini juga berinovasi dan meningkatkan penawarannya di ponsel dan di iPad. Sebuah strategi inovasi media.
Dalam hal konten untuk mengikuti strategi multikanal, Le Monde juga memperbarui bagiannya di surat kabar harian dan menciptakan halaman “Kontra-investigasi” untuk memperkuat julukannya sebagai ‘jurnalisme yang mempertanyakan’ dan untuk menyasar kepada pembaca yang ingin melangkah lebih jauh dalam menguraikan informasi. Tak hanya itu, evolusi tata letak (layout) juga diperbarui untuk menarik minat para pembaca dan memberikan pemahaman tentang bagaimana menghadapi informasi yang melimpah dengan menyortir informasi.

Selain tiga media yang sudah ada, Le Monde mengembangkan layanan baru di Internet dan telepon seluler. Selain aplikasi iPhone, Le Monde tersedia di iPad Apple bagi mereka yang sudah memesan tablet mereka. Pengembangan di berbagai media ini merupakan hasil segmentasi berdasarkan cara pembaca mendapatkan informasi: cepat dan singkat di Internet dan iPhone, padat dan lengkap di edisi cetak dan iPad. Pada akhirnya, Le Monde menggunakan pendekatan strategi marketing multichannel untuk keberlanjutannya dalam memberikan informasi dari para jurnalisnya kepada para pembaca di dunia digital yang semakin serba cepat namun juga semakin kompleks ini.